Agar Mendapatkan Mobil Matic Bekas yang Berkualitas, Ikutilah Beberapa Tips Ini

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa mobil matic pada saat ini lebih banyak diminati ketimbang mobil yang masih menggunakan system transmisi manual. Pasalnya, mobil dengan transmisi otomatis ini lebih praktis dan nyaman saat dikemudian. Bahkan, orang yang baru belajar mobil saja tidak akan terlalu sulit saat mengendarai mobil matic tersebut. Nah, berbicara soal mobil matic, berikut di bawah ini ada beberapa tips beli mobil matic bekas yang harus anda ketahui. 

1. Perhatikan Body Mobil

Tips pertama yang harus dilakukan agar mendapatkan mobil matic bekas yang berkualitas, yakni memperhatikan body mobil. Disini anda bisa memulainya dengan mengecek bagian sisi depan sampai belakang, lalu sisi kanan dan sisi kiri body mobilnya.

Dengan cara tersebut, anda pun dapat mengetahui tingkat kemulusan dari body mobil matic tersebut. Pasalnya, pada bagian body takut terdapat goresan maupun penyok-penyok lho! Tak hanya itu saja, perhatikan pula cat pada bodynya. Ya, pastikan bahwa cat tersebut tidak mengelupas. 

2. Cek Kondisi Oli Matic

Setelah anda puas mengecek bagian body, silahkan cek kondisi oli maticnya. Dalam hal ini, pastikan bahwa oli matic tersebut masih pada kondisi yang bagus. Nah, untuk mengetahui kondisi dari oli matic tersebut, coba nyalakan mesin mobilnya dengan menempatkan tuas pada posisi N (Netral), dan setelah itu diamkan sampai suhunya mencapai ideal. Jika sudah demikian, anda bisa langsung mengecek kondisi warna serta ketinggian oli matic. Menurut kabar yang beredar, oli matic yang masih bagus itu cenderung berwarna merah. Apabila warnanya sudah menghitam, maka oli matic tersebut sudah tidak lama diganti sehingga kemungkinan akan ada kerusakan pada beberapa komponennya lho! 

3. Cek Body Transmisi

Hal penting yang harus anda lakukan, yakni mencermati body transmisi dan pastikan kondisinya tidak terdapat kebocoran. Mengenai cara mengeceknya, anda hanya perlu melihat secara detail pada bagian body transmisi apakah terdapat bekas maupun bercak oli serta debu yang tercampur pada olinya? Apabila berasal dari celah blok, maka urungkan niat anda untuk membeli mobil tersebut. Sebab, anda harus merogoh kantong lagi cukup dalam untuk biaya perbaikannya!

4. Cek Lampu Indikator

Mengenai cara mengecek lampu indicator, anda bisa melakukannya ketika mesin mobil dalam kondisi menyala. Setelah itu geser tuas transmisi ke semua posisi yang ada mulai dari P, R, N, D, dan sebagainya. Selanjutnya cermati pada lampu indicator yang ada di panel instrument, dan pastikan posisinya sudah sama dengan tuas transmisi. Selain itu, pastikan juga jika lampu overdriver menyala saat tombol OD ditekan. Untuk mengetahui jika ada gangguan pada system control transmisi, posisikan tuas transmisinya ke arah tertentu seperti MIL maupun Malfuction Indcator Lamp yang bisa menyala. 

5. Cek Kondisi Mesin

Tips berikutnya yang harus dilakukan agar mendapatkan mobil matic yang berkualitas, yakni dengan mengecek kondisi mesin. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam mengecek kondisi mesinnya. Pertama, pastikan saat transmisi sedang melakukan perpindahan gigi otomatis, bagian tuasnya tidak bergetar. Adapun mengenai beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan seperti perbandingan gigi, respons perpindahan gigi, gataran mobil, dan lain sebagainya.

6. Ban Mobil

Ban mobil adalah salah satu komponen penting untuk berkendara dengan aman. Oleh karena itu, ada baiknya kamu selalu memperhatikan hal ini. Jika kondisi sudah jelek dan tidak layak pakai. Ada baiknya anda cek harga ban mobil yang sesuai dengan budget Anda untuk langsung di ganti. Nah, seperti itulah tips-tips yang harus anda lakukan, agar mendapatkan mobil matic bekas yang berkualitas. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>